Tukang Tahu dan Rencana Tuhan

Kisahinspiratif.net - Disebuah pelosok desa ada seorang tukang tahu, setiap hari ia menjual dagangannya kepasar. Untuk bisa sampai kepasar ia harus menaiki sebuah angkot yang sudah menjadi langganannya.

Sebelum bisa menaiki angkot langganannya, ia harus terlebih dahulu melewati sebuah pematang pematang sawah yang jauh untuk bisa menuju ke jalan raya dimana angkot langgannya itu berhenti.

Setiap hari, ia selalu berdoa kepada Allah agar dagangannya selalu laris agar ia bisa mencukupi kebutuhan keluarganya.

Pada suatu hari, ketika ia hendak pergi berdagang dan melewati pematang sawah untuk menuju jalan raya entah kenapa ia tiba-tiba terpeleset sehingga semua dagannya jatuh kesawah dan hancur berantakan. Iapun bersedih lantas mengeluh kepada Allah "Ya Allah.. Kenapa Engkau memberikan padaku sebuah musibah seperti ini?? Padahal setiap hari aku selalu berdoa kepada-Mu..."

Akhirnya iapun pulang dan tidak jadi berdagang. Setelah ia sudah sampai kerumah, beberapa saat kemudian ia mendengar sebuah kabar bahwa angkot yang menjadi langganannya, sebuah angkot yang biasa ia naiki telah jatuh kesebuah jurang. Semua penumpang langganannya tewas ditempat kecuali satu orang, yaitu dirinya sendiri, karena ia tidak jadi berdagang dan menaiki angkot langganannya tersebut. Ia merasa sangat bersyukur, mengetahui rencana Allah lebih iindah dari apa yang dia pikirkan.

Pesan Moral :
Saudaraku, sebuah doa tidak harus dikabulkan sesuai dengan permintaan. Tapi terkadang diganti oleh Allah dengan sesuatu yang jauh lebih baik dari yang kita minta. Allah maha tau kebutuhan kita dibandingkan diri kita sendiri. Karena itu janganlah kita jemu untuk berdoa dan janganlah kita selalu mengeluh juga menggerutu apalagi mengutuk apa yang telah terjadi hari ini kepada diri kita. Karena kita tidak akan pernah tau rahasi Allah terhadap kehidupan umatnya.

Allah berfirman : "Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu. Dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui." (QS. Al-Baqarah/2:216)

Semoga kisah ini bermanfaat bagi kita semua.


Baca juga kisah inspiratif lainnya tentang pasangan suami istri yang terjebak dilautan badai dalam kisah : Aku Berserah Diri Kepada Allah

Referensi : Kaskus

0 Response to "Tukang Tahu dan Rencana Tuhan"

Post a Comment

MOHON PERHATIAN :
- Gunakan bahasa yang sopan saat berkomentar.
- Berkomentarlah sesuai dengan tema posting.

Terima kasih atas kunjungan anda.