Si bodoh dan Saudagar Kaya

Si bodoh dan Saudagar Kaya
Kisahinspiratif.net - Cerita ini berasal dari negeri Tiongkok. Di sebuah daerah tinggalah seorang saudagar kaya. Dia mempunyai seorang bawahan yang begitu lugu, hingga orang menyebutnya si bodoh.

Suatu hari sang tuan menyuruh si bodoh pergi kesebuah perkampungan miskin untuk menagih hutang pada penduduk disana. "Hutang mereka sudah waktunya untuk di bayar." kata si tuan.

"Baik tuan." Sahut si bodoh. "Lalu uangnya mau di apakan?"

"Belikan sesuatu yang belum aku miliki." Kata si tuan.

Maka pergilah si bodoh ke perkampungan yang dituju. Cukup kerepotan juga si bodoh menjalankan perintah si saudagar. Mengumpulkan uang receh demi receh uang hutang dari penduduk kampung. Para penduduk kampung itu benar benar miskin, dan kala itu juga masih dalam musim kemarau panjang.

Akhirnya si bodoh itu selesai juga menjalankan perintahnya. Dalam perjalanan pulang ia teringat pesan tuannya. "Belikan sesuatu yang belum aku miliki." Si bodoh mengingat perkataan tuannya.
"Kira kira apa ya?" tanya si bodoh dalam hati.
"Tuanku sangat kaya. Kira kira apa ya yang belum dia miliki?"

Setelah memikirkan begitu lama akhirnya si bodoh menemukan jawabannya. Dia kembali ke perkampungan miskin tadi. Lalu ia bagikan lagi uang tersebut kepada orang miskin di perkampungan itu lagi.

"Tuanku memberikan uang ini kepada kalian." katanya.
Para penduduk sangat bahagia. Dia memuji kemurahan hati sang tuan.

Saat si bodoh pulang dan melaporkan apa yang telah dia lakukan kepada uangnya kemudian si tuan mengomel "benar benar bodoh ini orang."

Waktu berlalu, pada suatu hari terjadilah hal yang tidak disangka sangka, pergantian pemimpin karena pemberontakan membuat usahanya tidak berjalan mulus seperti dulu.

Belum lagi bencana banjir yang menghabiskan semua hartanya bendanya.

Pendek kata sang tuan jatuh bangkrut dan melarat. Dia terlunta lemas meninggalkan rumah. Hanya si bodoh yang setia ikut serta. Ketika tiba disebuah perkampungan, entah kenapa para penduduk menyapanya dan menyambutnya dengan hangat. Mereka menyediakan tumpangan dan makanan untuk si tuan.

"Siapa para penduduk kampung itu? Kenapa mereka baik hati rela menolongku?" tanya sang tuan heran.

"Dulu tuan pernah menyuruh saya untuk menagih hutang para penduduk di kampung ini." jawab si bodoh.

"Tuan berpesan uang yang telah diminta untuk dibelikan sesuatu yang belum tuan punyai. Kemudian saya berpikir bukankah tuan sudah memiliki segala sesuatu. Satu satunya hal yang belum tuan punyai adalah cinta dihati mereka. Kemudian saya membagikan uang itu kepada mereka atas nama tuan. Sekarang tuan kini telah menuai cinta mereka." imbuh lagi si bodoh. Kemudian si tuan meresa sedih dan terharu.


Referensi : FP FamilyGuide, nditzndulz.wordpress.com

0 Response to "Si bodoh dan Saudagar Kaya"

Post a Comment

MOHON PERHATIAN :
- Gunakan bahasa yang sopan saat berkomentar.
- Berkomentarlah sesuai dengan tema posting.

Terima kasih atas kunjungan anda.