Saling Mengerti Dalam Sebutir Padi

kisah inspirasi petani
Kisahinspiratif.net - Pada suatu hari, ada dua bersaudara yang sama-sama bekerja disawah milik kedua orang tua mereka. Yang seorang telah menikah dan memiliki sebuah keluarga besar. Sedangkan yang seorang lagi masih melajang. Suatu ketika, saat musim panen telah tiba, kedua bersuadara tersebut membagi hasil panen meraka sama rata.

Setelah mereka menerima bagiannya yang sama rata, kemudian meraka berdua berpikir.

Yang masih lajang itu berpikir, "Tidak adil jika kami berdua membagi rata hasil panen yang kami peroleh. Aku masih lajang dan kebutuhanku hanya sedikit." Karena itu, setiap malam ia mengambil sekarung padi dari lumbung miliknya dan menaruhnya pada lumbung milik saudaranya.

Sementara itu, saudaranya telah menikah itu juga berpikir, "Tidak adil jika kami membagi rata dari hasil panen yang telah kami peroleh. Aku punya istri dan anak anak yang akan merawatku dimasa tua nanti, sedangkan saudara tidak punya punya pendamping atau anak anak yang akan menemani masa tuanya." Karena itu, setiap malam  ia pun mengambil sekarung padi dari lumbung miliknya dan menaruhnya di lumbung milik saudara satu satunya tersebut.

Selama bertahun tahun kedua saudara tersebut saling menyimpan rahasia. Dan tanpa sepengetahuan mereka, padi pada lumbung mereka tidak pernah berkurang. Hingga suatu malam keduanya tidak sengaja saling bertemu, dan barulah pada saat itu mereka tau apa yang telah terjadi. Mereka berduapun berpelukan.

---------

Hikmah yang bisa kita petik dalam cerita atau kisah tersebut adalah jangan rusak hubungan persaudaraan karena harta, justru pereratlah hubungan persaudaraan tanpa memusingkan harta. Kedua orang bersuadara tersebut belajar memahami kebutuhan satu sama lain.

Kemampuan untuk memahami itu bisa menjadi kenyataan dalam perbuatan kalau mereka tidak lagi menjadikan kekayaan sebagai satu satunya sumber kehidupan. Mereka lebih menomorsatukan bagaimana orang lain bisa layak hidup didunia ini. Semoga kisah ini bermanfaat bagi kita semua. aamiin.

Referensi: Group FB Kisah Inspirasi Kehidupan.

0 Response to "Saling Mengerti Dalam Sebutir Padi"

Post a Comment

MOHON PERHATIAN :
- Gunakan bahasa yang sopan saat berkomentar.
- Berkomentarlah sesuai dengan tema posting.

Terima kasih atas kunjungan anda.